LITERATURE REVIEW MONASH UNIVERSITY
Literature review merupakan uraian teori berupa bahan penelitian yang diperoleh dari sumber pedoman untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian agar nantinya digunakan dalam penyusunan kerangka pemikiran yang jelas dan mengetahui perumusan masalah yang ingin diteliti. Literature review harus bersifat relevan, mutakhir atau up to date , dan memadai. Literatur review merupakan sebuah pengetahuan yang tidak tetap dan tidak statis dan semakin lama semakin berkembang dari tahun ke tahunnya.
Literature review tersebut dibuat oleh peneliti dimana mereka akan melaporkan
hasil penelitian mereka dan dipublikasikan dalam sebuah buku, artikel maupun
jurnal.
Hasil dari penelitian mereka tersebut telah mendapatkan
pengawasan dari para ahli sebelum nya sehingga untuk keabsahan dan koheren dari
penelitian tersebut dapat diterima oleh masyarakat dan dapat dipublikasikan ke
jurnal ilmiah.
Ada dua aspek untuk sebuah tinjauan, apakah itu adalah sebuah
annotated bibliography, critical review atau literature review, yaitu
Ø Untuk menjelaskan isi dari review tersebut secara singkat
(mengenai tentang apa dan isi dari review tersebut)
Ø Untuk mengevaluasi dari teks tersebut (alasan berpikir dan
bukti validitas dari isi teks tersebut)
Tujuan dari literature
review adalah sebagai berikut:
a)
Menjelaskan bagaimana
pengetahun tersebut telah berkembang pada bidang terterntu atau di suatu bagian
bidang tersebut (topik bidang)
b)
Menunjukkan bagaimana
topik tersebut berkaitan dengan penelitian sebelumnya
c)
Mengevaluasi secara
kritis mengenai informasi ini ke pengetahuan dasar yang ada
d)
Membandingkan dan
mencari perbedaan pandangan dan menganalisis perbedaan atau masalah dari topik
tersebut
e)
Mengidentifikasi gap
dalam pemahaman atau penelitian yang memerlukan penelitian lebih lanjut.
Tujuan tersebut merupakan persyaratan untuk thesis
penelitian, tetapi untuk tinjauan literatur diberikan peninjauan lebih lanjut
mengenai tujuan tersebut dan lebih disarankan untuk pembimbingan dengan dosen.
Sebuah literature
review yang baik terdiri dari :
Ø Pernyataan yang jelas mengenai masalah dari topik tersebut, pentingnya membahas mengenai masalah dari topik tersebut, keabsahan dari topik tersebut, dan topik
tersebut masih sesuai dengan kondisi saat ini atau tidak
Ø Permsalahan tersebut dijelaskan secara jelas, eksplisit dan
logis dari berbagai sudut pandang dan dijelaskan dengan baik dalam literatur
review tersebut
Ø Permasalahan tersebut dikaji secara kritis dan terdapat
evaluasi dari permaslahan tersebut secara kritis, rinci dan komparatif dari
berbagai sudut pandang
Ø Ringkasan dari literatur
review tersebut harus logis, ringkas dan terdapat perkembangan evaluasi
untuk masa depan
Ø Isi dari literatur review tersebut juga menjelaskan
kelemahan utama dalam topik tersebut dengan mengacu pada pengetahuan yang sudah
ada.
Langkah-langkah untuk menyelesaikan literatur review adalah
:
ü Menganalisa topik tersebut untuk mengidentifikasi permasalahan dari topik tersebut serta
mengidentifikasi dari keabsahan topik tersebut.
ü Brainstorm jangkauan dan jenis informasi yang diperlukan sehingga
masalah tersebut fit dengan topik dan pembaca dari liteartur review juga akan
mengerti masalah yang akan diangkat dari informasi tersebut.
ü Mencari materi yang dipublikasikan sesuai dengan topic
ü Membaca, memahami dan mengkaji kritik dan berbagai pandangan
yang disajikan dalam materi yang etlah dipublikasikan
ü Mengelompokkan, mengkaji dan memilah-milah pandangan yang
telah dikumpulkan
Ada banyak cara yang digunakan untu mengatur dan
mengelompokkan pandangan dari literatur review tersebut. Cara tersebut antara
lain :
·
dari umum ke khusus
·
dari yang tertua sampai
terbaru
·
berdasarkan bagaimana
ide-ide tersebut muncul
·
berdasarkan atas
permasalahan tersebut dikaji dari berbagai sudut pandang antara yang satu
dengan lainnya
·
Bagaimana pandangan
tersebut berhubungan antara pihak satu dengan pihak lainnya
·
Manfaat atau kegunaan
dari permasalahan tersebut dikaji dari berbagai sudut pandang antara yang satu
dengan lainnya.
MENULIS LITERATUR REVIEW
Ø Mengenalkan topik, definisi topik dan terdapat lingkup atau
batas yang akan ditinjau. Selain itu, ditambahkan pula mengapa masalah tersebut
perlu diteliti, penting untuk diteliti atau relevan untuk dibahas pada saat
ini.
Ø Menjelaskan mengenai dasar tinjauan literatur tersebut
Ø Menjelaskan dan menginformasikan teori sebelumnya yang
berkaitan dengan teori literatur review tersebut (evolusi pengetahuan dari
waktu ke waktu, pengetahuan bidang dan pemahaman penulis mengenai topik
tersebut)
Ø Menyajikan literatur review yang sebelumnya oleh penulis
sebelumnya untuk mengetahui evaluasi kekuatan atau kelemahan, setuju dan tidak
setuju atas literatur review tersebut
Ø Menulis cara referensi dari jurnal atau artikel yang
mendukung topik yang telah dicari sebelumnya.
Ø Mempertimbangkan berbagai kata kerja yang digunakan pada
penulis terkemuka dan komentar dari artikel tersebut.
Ø Memilih diksi yang tepat dalam literatur review tersebut sehingga pandangan
tersebut tidak akan menimbulkan persepsi yang berbeda antara yang satu dengan
lainnya.
Ø Di akhir review, diberikan ringkasan yang jelas sesuai
dengan kondisi saat ini dan sesuai dengan permasalahan yang ada,
mengidentifikasi masalah yang timbul dari review tersebut dan materi yang belum
diteliti dari review tersebut.
Oleh karena itu, kita harus sering melatih keterampilan kita
untuk menganalisis penelitian yang telah kita dapatkan berdasarkan dari sumebr
yang telah ada. dari analisis kita, bisa ditambahkan kekurangan dan kelebihan
dari artikel yang telah ada dan dapat menunjang penelitian yang akan kita
angkat.
Perbedaan untuk annoted
bibliography, critical review, dan literature review
KETERANGAN
|
ANNOTATED BIBLIOGRAPHY
|
CRITICAL REVIEW
|
LITERATURE REVIEW
|
Cakupan
|
Sumber bisa hanya satu atau lebih di dalam cakupan
tersebut
|
Hanya satu sumber saja
|
Terdiri lebih dari satu sumber
|
Referensi
|
Untuk masing-masing sumber terdiri dari referensi beserta
penjelasannya (catatan atau ringkasan sumber)
|
Referensi beserta review (Paragraf atau lebih)
|
Review sintesa+Referensi dalam teks+daftar resensi
(paragraph atau lebih dapat berupa artikel atau berupa buku
|
Penggunaan
|
Publikasi (Bibliografi)
Catatan penelitian
Tugas Mahasiswa
|
Publikasi (jurnal)
Tugas Mahasiswa
|
Publikasi (jurnal akademik/buku)
Master/ penelitian thesis PhD
Tugas Mahasiswa
|
Tujuan
|
Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dari sumber satu
dengan lainnya
Mengkaju tujuan dari suatu sumber untuk topim atau tugas
Sebagai bahan untuk membandingkan satu sumber dengan
sumber lain
|
Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dari sumber satu
dengan lainnya
Mengkaju tujuan dari suatu sumber untuk topim atau tugas
Sebagai bahan untuk membandingkan satu sumber dengan
sumber lain
Menilai pentingnya topic tersebut untuk lingkungan
|
Menganalisis pertimbangan serta penjelasan dari lingkup
yang kecil dalam sebuah penelitian tersebut.
Memperbaiki, mengakaji, membandingkan serta fokus pada lingkup
penetian dengan menunjukkan gap ataupun sumber yang terkait dalam penelitian
tersebut dengan penelitian yang kita angkat dengan menggunakan esai
argumentatif
|
Sumber :
University, M 2012, Q Manual, 5th edn, Faculty
of Business and Economics, Victoria.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar