Minggu, 21 Oktober 2012

LITERATURE REVIEW MONASH UNIVERSITY

Literature review merupakan uraian  teori berupa bahan penelitian yang diperoleh dari sumber pedoman untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian agar nantinya digunakan dalam penyusunan kerangka pemikiran yang jelas dan mengetahui perumusan masalah yang ingin diteliti. Literature review harus bersifat relevan, mutakhir atau up to date , dan memadai. Literatur review merupakan sebuah pengetahuan yang tidak tetap dan tidak statis dan semakin lama semakin berkembang dari tahun ke tahunnya.
Literature review tersebut dibuat oleh peneliti dimana mereka akan melaporkan hasil penelitian mereka dan dipublikasikan dalam sebuah buku, artikel maupun jurnal.
Hasil dari penelitian mereka tersebut telah mendapatkan pengawasan dari para ahli sebelum nya sehingga untuk keabsahan dan koheren dari penelitian tersebut dapat diterima oleh masyarakat dan dapat dipublikasikan ke jurnal ilmiah.
Ada dua aspek untuk sebuah tinjauan, apakah itu adalah sebuah annotated bibliography, critical review atau literature review, yaitu
Ø Untuk menjelaskan isi dari review tersebut secara singkat (mengenai tentang apa dan isi dari review tersebut)
Ø Untuk mengevaluasi dari teks tersebut (alasan berpikir dan bukti validitas dari isi teks tersebut)
Tujuan dari literature review adalah sebagai berikut:
a)      Menjelaskan bagaimana pengetahun tersebut telah berkembang pada bidang terterntu atau di suatu bagian bidang tersebut (topik bidang)
b)      Menunjukkan bagaimana topik tersebut berkaitan dengan penelitian sebelumnya
c)      Mengevaluasi secara kritis mengenai informasi ini ke pengetahuan dasar yang ada
d)     Membandingkan dan mencari perbedaan pandangan dan menganalisis perbedaan atau masalah dari topik tersebut
e)      Mengidentifikasi gap dalam pemahaman atau penelitian yang memerlukan penelitian lebih lanjut.
Tujuan tersebut merupakan persyaratan untuk thesis penelitian, tetapi untuk tinjauan literatur diberikan peninjauan lebih lanjut mengenai tujuan tersebut dan lebih disarankan untuk pembimbingan dengan dosen.

Sebuah literature review yang baik terdiri dari :
Ø Pernyataan yang jelas mengenai masalah dari topik tersebut, pentingnya membahas mengenai masalah dari topik tersebut,  keabsahan dari topik tersebut, dan topik tersebut masih sesuai dengan kondisi saat ini atau tidak
Ø     Permsalahan tersebut dijelaskan secara jelas, eksplisit dan logis dari berbagai sudut pandang dan dijelaskan dengan baik dalam literatur review tersebut
Ø      Permasalahan tersebut dikaji secara kritis dan terdapat evaluasi dari permaslahan tersebut secara kritis, rinci dan komparatif dari berbagai sudut pandang
Ø  Ringkasan dari literatur review tersebut harus logis, ringkas dan terdapat perkembangan evaluasi untuk masa depan
Ø     Isi dari literatur review tersebut juga menjelaskan kelemahan utama dalam topik tersebut dengan mengacu pada pengetahuan yang sudah ada.

Langkah-langkah untuk menyelesaikan literatur review adalah :
ü       Menganalisa topik tersebut untuk mengidentifikasi  permasalahan dari topik tersebut serta mengidentifikasi dari keabsahan topik tersebut.
ü       Brainstorm jangkauan dan jenis informasi yang diperlukan sehingga masalah tersebut fit dengan topik dan pembaca dari liteartur review juga akan mengerti masalah yang akan diangkat dari informasi tersebut.
ü       Mencari materi yang dipublikasikan sesuai dengan topic
ü       Membaca, memahami dan mengkaji kritik dan berbagai pandangan yang disajikan dalam materi yang etlah dipublikasikan
ü       Mengelompokkan, mengkaji dan memilah-milah pandangan yang telah dikumpulkan

Ada banyak cara yang digunakan untu mengatur dan mengelompokkan pandangan dari literatur review tersebut. Cara tersebut antara lain :
·           dari umum ke khusus
·           dari yang tertua sampai terbaru
·           berdasarkan bagaimana ide-ide tersebut muncul
·           berdasarkan atas permasalahan tersebut dikaji dari berbagai sudut pandang antara yang satu dengan lainnya
·           Bagaimana pandangan tersebut berhubungan antara pihak satu dengan pihak lainnya
·           Manfaat atau kegunaan dari permasalahan tersebut dikaji dari berbagai sudut pandang antara yang satu dengan lainnya.

MENULIS LITERATUR REVIEW
Ø  Mengenalkan topik, definisi topik dan terdapat lingkup atau batas yang akan ditinjau. Selain itu, ditambahkan pula mengapa masalah tersebut perlu diteliti, penting untuk diteliti atau relevan untuk dibahas pada saat ini.
Ø   Menjelaskan mengenai dasar tinjauan literatur tersebut
Ø   Menjelaskan dan menginformasikan teori sebelumnya yang berkaitan dengan teori literatur review tersebut (evolusi pengetahuan dari waktu ke waktu, pengetahuan bidang dan pemahaman penulis mengenai topik tersebut)
Ø   Menyajikan literatur review yang sebelumnya oleh penulis sebelumnya untuk mengetahui evaluasi kekuatan atau kelemahan, setuju dan tidak setuju atas literatur review tersebut
Ø   Menulis cara referensi dari jurnal atau artikel yang mendukung topik yang telah dicari sebelumnya.
Ø   Mempertimbangkan berbagai kata kerja yang digunakan pada penulis terkemuka dan komentar dari artikel tersebut.
Ø   Memilih diksi yang tepat dalam  literatur review tersebut sehingga pandangan tersebut tidak akan menimbulkan persepsi yang berbeda antara yang satu dengan lainnya.
Ø   Di akhir review, diberikan ringkasan yang jelas sesuai dengan kondisi saat ini dan sesuai dengan permasalahan yang ada, mengidentifikasi masalah yang timbul dari review tersebut dan materi yang belum diteliti dari review tersebut.
Oleh karena itu, kita harus sering melatih keterampilan kita untuk menganalisis penelitian yang telah kita dapatkan berdasarkan dari sumebr yang telah ada. dari analisis kita, bisa ditambahkan kekurangan dan kelebihan dari artikel yang telah ada dan dapat menunjang penelitian yang akan kita angkat.

Perbedaan untuk annoted bibliography, critical review, dan literature review

KETERANGAN
ANNOTATED BIBLIOGRAPHY
CRITICAL REVIEW
LITERATURE REVIEW
Cakupan
Sumber bisa hanya satu atau lebih di dalam cakupan tersebut
Hanya satu sumber saja
Terdiri lebih dari satu sumber
Referensi
Untuk masing-masing sumber terdiri dari referensi beserta penjelasannya (catatan atau ringkasan sumber)
Referensi beserta review (Paragraf atau lebih)
Review sintesa+Referensi dalam teks+daftar resensi (paragraph atau lebih dapat berupa artikel atau berupa buku
Penggunaan
Publikasi (Bibliografi)
Catatan penelitian
Tugas Mahasiswa
Publikasi (jurnal)
Tugas Mahasiswa
Publikasi (jurnal akademik/buku)
Master/ penelitian thesis PhD
Tugas Mahasiswa
Tujuan
Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dari sumber satu dengan lainnya
Mengkaju tujuan dari suatu sumber untuk topim atau tugas
Sebagai bahan untuk membandingkan satu sumber dengan sumber lain
Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dari sumber satu dengan lainnya
Mengkaju tujuan dari suatu sumber untuk topim atau tugas
Sebagai bahan untuk membandingkan satu sumber dengan sumber lain
Menilai pentingnya topic tersebut untuk lingkungan
Menganalisis pertimbangan serta penjelasan dari lingkup yang kecil dalam sebuah penelitian tersebut.
Memperbaiki, mengakaji, membandingkan serta fokus pada lingkup penetian dengan menunjukkan gap ataupun sumber yang terkait dalam penelitian tersebut dengan penelitian yang kita angkat dengan menggunakan esai argumentatif

Sumber :                                               
University, M 2012, Q Manual, 5th edn, Faculty of Business and Economics, Victoria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar